Selasa, 13 Juli 2010

rpp bahasa indonesia kelas xii semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 1

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2x 45 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi dasar : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
Indikator :
• Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
• Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
• Menulis ringkasan isi informasi
I. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat :
 Menemukan dan menentukan pokok-pokok pikiran informasi (pidato, ceramah, khutbah) yang disajikan secara langsung atau dibacakan oleh salah seorang siswa yang ditunjuk.
 Mengajukan saran dengan menggunakan kalimat saran dan cara yang santun.
 Memberikan saran perbaikan mengenai isi, sistematika, gaya, dan/ atau kesimpulan.
 Meringkas informasi yang didengarkan berdasarkan pokok-pokok berita.
II. Materi Pembelajaran :
• Informasi secara langsung
• pokok-pokok isi informasi
• cara mengajukan saran
• ringkasan isi informasi
III. Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• Mendengarkan informasi secara langsung berupa rekaman audio-visual/audio, pembacaan teks yang tersedia


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Mencatat pokok-pokok berita yang tersaji
• Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara dengan menggunakan cara dan bahasa/kalimat yang santun
• Menulis ringkasan isi informasi berdasarkan pokok-pokok berita

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit
IV. Sumber/alat/bahan :
Informasi secara langsung, CD (rekaman) berita dengan topik yang bervariasi dari salah beberapa stasiun televisi di Indonesia.
V. Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu :
• tugas kelompok :
• ulangan :
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :
• pilihan ganda :
• jawaban singkat :
Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 2

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2x 45 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi dasar : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui
radio/televisi
Indikator :
• Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
• Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
• Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
• Menemukan dan menentukan pokok-pokok informasi yang disajikan
• Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tantang penyampaian, diksi, intonasi, dan penampilan penyampai informasi
• Meringkas informasi berdasarkan pokok-pokok gagasan informasi yang disajikan
II. Materi Pembelajaran :
Rekaman informasi
• pokok-pokok isi informasi
• cara mengajukan saran
• ringkasan isi informasi
III. Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• informasi cara belajar hari ini
• Siswa memilah beberapa informasi yang tersedia berdasarkan petunjuk guru


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Siswa mendengarkan dengan saksama infomrasi yang disajikan di layar televisi
• Siswa mencatat pokok-pokok informasi yang disajikan
• Siswa mencatat peristiwa yang tidak sesuai dengan standar kaidah membaca berita
• Siswa mendiskusikan berbagai hal yang berkait dengan penyajian informasi

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• guru menyimpulkan kegiatan hari ini
• refleksi
10 menit
Sumber/alat/bahan : Rekaman informasi dari radio/ televisi
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu :
• tugas kelompok :
• ulangan :
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :
• pilihan ganda :
• jawaban singkat :


Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 3

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato . tanpa teks
Kompetensi dasar : Mempresentasikan program kegiatan/proposal
Indikator :
• Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
• Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
• Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
• Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
• Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
II. Materi Pembelajaran :
• Program kegiatan/ proposal
• Berpresentasi
• diskusi dengan santun berdiskusi
III. Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• informasi cara belajar
• memersiapkan susunan program kegiatan/ proposal (yang sudah dipersiapkan dari rumah)

10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
• Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
• Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• Refleksi
• penugasan
10 menit
Sumber/alat/bahan : buku yang berkaitan dengan proposal, contoh proposal

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 4

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato
tanpa teks
Kompetensi dasar : Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Indikator :
• Menulis teks pidato dengan tema tertentu
• Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
• Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
• Memperbaiki cara dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
• Menulis teks pidato dengan tema tertentu
• Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
• Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
• Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
II. Materi Pembelajaran :
Ide pidato dengan tema tertentu
• Berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
III. Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• Guru menyampaikan secara ringkas metode dan tujuan pidato

10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
• Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
• Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit
Sumber/alat/bahan : buku yang terkait dengan pidato
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 5

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi dasar : Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
Indikator :
• Menemukan ide pokok
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
• Membaca teks
• Menemukan ide pokok
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
II. Materi Pembelajaran :
Teks 900 – 1050 kata)
Teknik membaca cepat
Rumus membaca cepat
III. Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• Guru menyapaikan secara ringkas teknik membaca cepat

10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Membaca teks
• Menemukan ide pokok
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit
Sumber/alat/bahan :
Artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :
• pilihan ganda :
• jawaban singkat :
Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 6

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi dasar :
Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
Indikator :
• Menemukan paragraf yang berpola induktif
• Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
• Menemukan paragraf yang berpola deduktif
• Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
• Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
• Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel
II. Materi Pembelajaran :
Teks yang berpola induktif dan deduktif
• Ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
Kalimat kesimpulan
III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• Informasi cara belajar

10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Menentukan kalimat kesimpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel
• Menemukan ciri ciri paragraf induktif berpola (generalisasi, analogi dan sebab akibat)
• Menemukan gagasan pendukung dalam paragarf induktif
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit
Sumber/alat/bahan : Teks dari media cetak/ elektronik, artikel majalah/ koran
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :
• pilihan ganda :
• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 7

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi dasar :
Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
Indikator :
• Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
Menyunting karangan berpola deduktif induktif
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
• Mengidentifikasi ciri-ciri esai
• Menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
• Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca
II. Materi Pembelajaran :
Menulis karangan berpola deduktif dan induktif dengan memperhatiakan:
• Ciri-ciri
• kalimat kesimpulan
• letak kalimat kesimpulan
• penggunaan bahasa
III. Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• informasi cara belajar•

10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
• Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Teks dari media cetak/ elektronik
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :
• pilihan ganda :
• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 8

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola


12.2 Kompetensi dasar : Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup


Indikator :
• Menentukan topik untuk menulis esai
• Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
• Menyusun paragraf pembukaan
Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
• Menyusun paragraf penutup
Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Esa

III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Membaca contoh esai
• Mengidentifikasi ciri-ciri esai
• Menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
• Memperbaiki essay (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan : Contoh esai dari media cetak/ elektronik


Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 9

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama


Kompetensi dasar : Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan

Indikator :
• Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
• Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Teks drama
Unsure-unsur intrinsic (tema, penokohan, latar, alur, amanat

III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Mendengarkan pembacaan teks drama
• Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
• Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
• Melaporkan hail diskusi
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Buku kumpulan drama

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 10

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama


Kompetensi dasar :
Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama

Indikator :
• Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Teks drama
• Simpulan isi drama


III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
• Mendiskusikan kesimpulan isi teks drama •
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Buku kumpulan drama

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 11

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : : Berbicara
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi dasar :
Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam

Indikator :
• Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
• Membacakan gurindam
• Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
• Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Teks gurindam
• Ciri-ciri gurindam
Nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)

III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
• Membacakan gurindam
• Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
• Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan : Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana
Gurindam duabelas, Raja Ali haji


Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 12

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi dasar :
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari

Indikator :
• Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
• Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Teks gurindam
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari

III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
• Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana

Buku yang memuat gurindam

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 13

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode


Kompetensi dasar : 1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer


Indikator :
• Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
• Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
• Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer



I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Kumpulan puisi kontemporer
• Cirri-ciri puisi kontemporer
• Tema puisi kontemporer
• Bentuk puisi kontemporer
• Diksi


III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
• Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
• Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
• Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Pengkajian Puisi

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 14

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode


Kompetensi dasar :
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode

Indikator :
• Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
• Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
• Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Karya sastra berdasarkan periodisasi
• Karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
Perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode

III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Membaca karya sastra dari tiap periode
• Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
• Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
• Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Leksikon Sastra Indonesia, Satrya Graha Hoerip

Karya sastra setiap periode

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 15

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai

Kompetensi dasar :
Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai


Indikator :
• Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
• Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Kritik dan esai
• Ciri-ciri kritik dan esai
• Perinsip penulisan kritik dan esai


III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Membaca kritik dan esai
• Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
• Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Kritik sastra, H.B. jassin

Buku yang terkait dengan kritik dan esai

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 16

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis 16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai

Kompetensi dasar :
Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra

Indikator :
• Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan essay
• Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Pengembangan gagasan atau pendapat untuk menulis kritik dan esai
• Ciri-ciri kritik dan esai
• Perinsip penulisan kritik dan esai
• Cara menulis kritik dan esai


III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti
• Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
• Menyunting tulisan kritik dan esai sastra •
70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :
Kritik sastra, H.B. Jassin
Buku yang terkait dengan kritik dan esai

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................201
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 17

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi :

Kompetensi dasar :

Indikator :

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :


III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :


Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

Analisis penilaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 18

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII/2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi :

Kompetensi dasar :

Indikator :

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :


III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal


10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2 Kegiatan Inti

70 menit
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi
10 menit


Sumber/alat/bahan :


Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :

Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





M. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd


Analisis penilaian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar