Selasa, 13 Juli 2010

rpp bahasa indonesia kelas xi semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

B. KOMPETENSI DASAR :
Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar

C. MATERI PEMBELAJARAN :
• Sambutan atau khotbah
• pokok-pokok isi sambutan
• ringkasan sambutan/ khotbah

D. INDIKATOR :
• Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khutbah yang didengarkan
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khutbah yang didengarkan
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khutbah

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan sambutan atau khutbah
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
• Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
2 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
 Rekaman (tape-recorder/CD) pembacaan khutbah.
 Pembacaan naskah khutbah yang dibuat oleh siswa.

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami berbagai informasi dari wawancara

B. KOMPETENSI DASAR :
Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Wawancara melalui radio atau televisi
• isi pokok wawancara
• cara merangkum hasil wawancara

D. INDIKATOR :
• Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
• Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
2 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
 Rekaman (tape-recorder/CD) wawancara
 Wawancara secara langsung dari stasiun televisi
 Wawancara yang tersedia di buku paket/pendamping.

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara

B. KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Artikel/ buku
• pokok-pokok isi artikel/ buku
• hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku

D. INDIKATOR :
• Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memerhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dan bermanfaat dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca artikel/ buku
• Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
 buku/ artikel dari media cetak/ elektronik.
 e_book

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara

B. KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Dialog yang berupa tanya jawab
• daftar pertanyaan
• rangkuman hasil wawancara

D. INDIKATOR :
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
• Melakukan wawancara

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
• Melakukan praktik wawancara
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
• Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
4 X 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• tape/ kaset, daftar pertanyaan
• Buku tentang wawancara

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010


A. STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring.

B. KOMPETENSI DASAR :
Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Paragraf yang berpola deduktif dan induktif :
• kalimat utama
• kalimat penjelas
• kalimat kesimpulan
• ciri paragraf deduktif/ induktif
• perbedaan deduktif dengan induktif

D. INDIKATOR :
• Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
• Menemukan paragraf induktif dan deduktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf induktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menentukan kalimat penjelas atau kalimat pengembang yang mendukung gagasan utama
• Menemukan paragraf induktif dan deduktif berdasarkan ciri-cirinya
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf induktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca wacana yang di dalamnya terdapat paragraf berpola deduktif dan induktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf deduktif dengan induktif
• Mengidentifikasi dan menemukan contoh frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• Buku yang terkait dengan paragraf induktif dan deduktif : Wisnu Sujianto dan Dwi Haryanti, Rangkuman Bahasa dan Sastra Indonesia.
• Artikel/ berita dari media cetak/ elektronik

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah

B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis proposal untuk berbagai keperluan

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh proposal: unsur-unsur proposal

D. INDIKATOR :
• Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur proposal
• Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
• Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur proposal
• Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
• Membahas dan menemukan kesalahan dalam penyusunan proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca contoh proposal
• Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
• Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat tunggal
• Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
6 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
 buku yang terkait dengan proposal.

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah

B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis surat dagang dan surat kuasa

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa
• unsur-unsur surat dagang dan surat kuasa

D. INDIKATOR :
• Mendaftar jenis surat niaga
• Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa
• Memperbaiki surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mendaftar jenis dan format/bentuk surat niaga
• Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa
• Membuat surat kuasa yang bersifat resmi dan nonresmi
• Memerbaiki surat perjanjian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendaftar jenis surat Niaga
• Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
• Memperbaiki surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• buku yang terkait dengan surat-menyurat
• buku EyD

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah

B. KOMPETENSI DASAR :
Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
• unsur-unsur karya tulis
• daftar pustaka
• catatan kaki

D. INDIKATOR :
• Menentukan topik atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
• Menyusun kerangka karya tulis
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
• Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menentukan topik atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian).
• Menyusun kerangka karya tulis berdasarkan sebab-akibat.
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki.
• Menggunakan catatan kaki yang konvensional.
• Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki pada buku ilmiah dan Alquran.
• Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki.
• Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
6 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• Buku yang terkait dengan karya ilmiah
• Buku EyD

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami pementasan drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman drama
• peristiwa
• penokohan
• konflik
• pesan
• amanat
• isi drama

D. INDIKATOR :
• Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
• Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
• Menentukan tema dengan alasan
• Menentukan pesan dengan data yang mendukung
• Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
• Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menentukan tokoh-penokohan, peran, dan wataknya
• Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
• Menentukan tema dengan alasan
• Menentukan pesan dengan data yang mendukung
• Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
• Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan rekaman drama
• Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama
• Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
• Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Rekaman drama

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami pementasan drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Pementasan drama
• gerak (action)
• mimik/ pantomimik
• blockng
• tata panggung
• tata busana
• tata bunyi
• tata lampu

D. INDIKATOR :
• Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
• Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
• Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
• Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
• Menjelaskan tata lampu

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
• Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
• Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
• Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
• Menjelaskan tata lampu

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Menonton rekaman pementasan drama
• Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
• Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Rekaman drama/sinetron

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Memerankan tokoh dalam pementasan drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Naskah drama
• gerak (action)
• mimik/ pantomimik
• blocking
• tata panggung
• tata busana
• tata bunyi
• tata lampu

D. INDIKATOR :
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
• Mendiskusikan penyampaian dialog teman

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
6 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
 Ben Go Tun, Saini KM.

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Memerankan tokoh dalam pementasan drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Naskah drama
• penghayatan watak tokoh
• tokoh protagonis
• tokoh antagonis

D. INDIKATOR :
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis
• Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau tirtagonis
• Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati dan memerankan watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis
• Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman
• Memerbaiki penghayatan atas tokoh yang diperankan

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
6 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku drama

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

B. KOMPETENSI DASAR :
Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Teks hikayat :
• ciri-ciri hikayat
• unsur-unsur intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)

D. INDIKATOR :
• Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
• Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
• Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
• Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
• Menemukan tema utama hikayat
• Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca teks hikayat
• Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
• Membedakan hikayat dengan roman/novel
• Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
• Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku hikayat/antologi Sastra klasik Indonesia

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

B. KOMPETENSI DASAR :
Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Novel Indonesia dan novel terjemahan
• unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
• unsur ektrinsik dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)

D. INDIKATOR :
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
• Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
• Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan
• Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia


Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• novel Indonesia : Karmila, Marga T.
• novel terjemahan : Lelaki Tua dan Laut, Hemingway

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Resensi novel sastra atau novel populer dengan memperhatikan unsur-unsur resensi
• prinsip-prinsip penulisan resensi:
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
• kesimpulan

D. INDIKATOR :
• Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi:
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
• ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
• kesimpulan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi:
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
• ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
• kesimpulan

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca resensi
• Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi:
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
• ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
• Menyimpulkan resensi yang ditulis

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Media cetak, internet

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 20 /20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Unsur-unsur resensi
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan enggunaan EYD

D. INDIKATOR :
• Menulis resensi novel dengan memperhatikan
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
• ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menulis resensi novel dengan memperhatikan
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
• ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Menulis resensi novel dengan memperhatikan
• identitas buku
• kepengarangan
• keunggulan buku
• kelemahan buku
• ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
• membicarakan resensi milik temannya

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• buku yang terkait dengan resensi
• media cetak/ elektronik.

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 kelompok
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Genggong, ...............20....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,




M. Baiduri Faishal, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar