Selasa, 13 Juli 2010

rpp bahasa indonesia kelas xii semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KELAS XII
SEMESTER 1


Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi dasar : Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Indikator :
 Mengemukakan kritik isi laporan
 Memberikan saran untuk perbaikan laporan
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
 Mendefinisikan teks laporan
 Membedakan dan menentukan teks laporan
 Menganalisis bahasa yang digunakan pada teks laporan
 Mengritik penyampaian laporan
II. Materi Pembelajaran :
Laporan kegiatan OSIS
• Isi laporan
• Kalimat sanggahan
• Kalimat saran untuk perbaikan isi laporan
III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal
• Guru menjelaskan fungsi laporan
• Guru membacakan salah satu contoh laporan kegiatan OSIS
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini

10 menit
Diskusi, Penugasan, performasi
2 Kegiatan Inti
• Siswa merangkum isi laporan
• Siswa mencatat kelemahan isi laporan
70
3 Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• refleksi 10
Sumber/alat/bahan :
• Laporan kegiatan OPPPMIA
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII.
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :
pilihan ganda :
• jawaban singkat :








Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi dasar : Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Indikator :
 Mengemukakan kritik isi laporan
 Memberikan saran untuk perbaikan laporan
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
 Mendefinisikan teks laporan
 Membedakan dan menentukan teks laporan
 Menganalisis bahasa yang digunakan pada teks laporan
 Mengritik penyampaian laporan
II. Materi Pembelajaran :
Laporan kegiatan OSIS
• Isi laporan
• Kalimat sanggahan
• Kalimat saran untuk perbaikan isi laporan
III. Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal :
• Guru menjelaskan fungsi laporan
• Guru membacakan salah satu contoh laporan kegiatan OPPMIA (OSIS)
10 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulasi
demonstrasi
2 Kegiatan Inti :
• Siswa merangkum isi laporan
• Menulis program kegiatan (PR)
• Mengemukakan program secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
• Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program (hasil penelitian, jurnal, dll)
• Mendiskusikan program yang disampaikan
• Memperbaiki RENCANA program berdasarkan berbagai masukan
Siswa mencatat kelemahan isi laporan
65 menit
3 Kegiatan Akhir :
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
• Refleksi
Penugasan
15 menit
IV. Sumber/alat/bahan :
• Laporan kegiatan OSIS
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII buku teks yang terkait
• internet
• surat kabar
• majalah
• buku pelengkap
• EyD
• KBBI
V. Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas :

• pilihan ganda :

• jawaban singkat :


Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,



MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd



(3) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke- :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Berbicara
Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
Kompetensi dasar : Mempresentasikan program kegiatan/proposal
Indikator :
• Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
• Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
• Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
• Mengemukakan program kegiatan/proposal secara rinci dan sistematis untuk mendpatkan tanggapan
• Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
• Memerbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
• Membuat proposal kegiatan
II. Materi Pembelajaran :
Program kegiatan/ proposal
• berpresentasi
• diskusi dengan santun berdiskusi
III. Langkah Pembelajaran :

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1 Kegiatan Awal :
• Guru menjelaskan maksud pembelajaran
10 menit

Diskusi
Penugasan (proyek)
Unjuk kerja
Hasil kerja
Penilaian sikap
2 Kegiatan Inti :
• Siswa membentuk kelompok dan melaksanakan diskusi dengan mengambil tema aktual
• Siswa mempresentasikan proposal kegiatan
• Siswa mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam diskusi
• Siswa mengemukakan persetujuan dan penolakan terhadap isi diskusi dengan alasan yang logis
• Siswa menggunakan kata sambung dalam kalimat dalam mengajukan pertanyaan atau persetujuan

65 menit
3 Kegiatan Akhir :
• Guru menyimpulkan permasalahan
• Refleksi
• Penugasan
15 menit
Sumber/alat/bahan :
• Keraf, Gorys. Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah.
• Tarigan, Henry Guntur. 2005. Keterampilan Berbicara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
• Buku panduan bahasa Indonesia Kelas XII
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas individu
• nontes
Bentuk Instrumen:
• format pengamatan

Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,



MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

(4) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan gagasan,tanggapan dan informasi dalam diskusi
Kompetensi dasar : Menyampa-kan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
Indikator :
• Mencatat hal-hal menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
• Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
• Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman secara lisan

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
 Mengungkapkan gagasan yang terdapat dalam buku nonfiksi
 Menanggapi gagasan yang terdapat dalam buku nonfiksi dan yang disampaikan oleh teman dalam forum diskusi
II. Materi Pembelajaran :
Buku nonfiksi
• Intisari buku
• Kalimat efektif
• Hal-hal menarik dari isi buku
• Kalimat pertanyaan, pernyataan, sanggahan
III. Metode Pembelajaran : Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
• Siswa menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif secara lisan
• Siswa membaca buku nonfiksi
• Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
B. Kegiatan Inti :
Siswa mencatat pokok-pokok isi buku nonfiksi
Siswa membuat intisari buku nonfiksi
Siswa memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman dengan kalimat yang baik
C. Kegiatan Akhir :
Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
Refleksi
Sumber/alat/bahan : Buku nonfiksi
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu

Bentuk Instrumen:
• performansi
• format pengamatan


Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,



MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
Kompetensi dasar : Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
Indikator :
• Menemukan ide pokok tiap paragraf
• Menemukan kalimat pendukung ide pokok
• Menemukan masalah dalam artikel
• Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
• Mengidentifikasi kalimat mejemuk
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
II. Materi Pembelajaran :
Artikel ilmiah dalam media cetak atau internet
• Ide pokok
• Masalah dalam artikel
• Rangkuman artikel
• Kalimat majemuk
• Pola kalimat
• Konfiks pe-an,per-an,ke-an
III. Metode Pembelajaran :
• Tanya jawab
• Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
 Siswa membaca artikel ilmiah dari media cetak
B. Kegiatan Inti :
 Siswa menemukan ide pokok tiap paragraf
 Siswa merangkum isi seluruh artikel
 Siswa menemukan kata berkonfiks per-an,pe-an,ke-an
 Siswa menjelaskan fungsi dan makna konfiks per-an,pe-an,ke-an
• Siswa mencari permasalahan dari artikel
• Siswa membahas rangkuman isi artikel
• Siswa mengidentifikasi kalimat majemuk
• Siswa menentukan pola kalimat majemuk
C. Kegiatan Akhir :
 Guru meyimpulkan pembahasan hari ini
Sumber/alat/bahan :
• Artikel ilmiah dari media cetak atau internet
• Buku-buku referensi yang mendukung
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
jawaban singkat







Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato

Kompetensi dasar : Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

Indikator :
• Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
• Menanadai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
• Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
• Menanggapi pembacaan teks pidato

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Naskah pidato
• Cara membaca naskah pidato (tekanan, intonasi, jeda)
• Kalimat sanggahan
• Kalimat efektif

III. Metode Pembelajaran :
• Tanya jawab
• Penugasan
• Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Guru memberi contoh cara membacakan naskah pidato dengan memperhatikan tekanan,tempo,intonasi
Siswa menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
Siswa menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung

Guru menyampaikan hasil pembelajaran yang lalu

Guru menyampaikan hasil pembelajaran yang lalu
Siswa membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
Siswa menanggapi pembacaan teks pidato yang disampaikan teman
Guru menyimpulkan hasil pembahasan hari ini

B. Kegiatan Inti :
Siswa membacakan naskah pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
Siswa menanggapi pembacaan teks pidato yang disampaikan teman


C. Kegiatan Akhir :
Guru menyimpulkan hasil pembahasan hari ini



Sumber/alat/bahan :
• Teks pidato dari internet/media cetak
• buku Cendekia Berbahasa Indonesia Kelas XI
• Buku-buku referensi yang mendukung


Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu

Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan
urain bebas





Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinas,laporan,resensi

Kompetensi dasar : Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur

Indikator :
 Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
 Menyusun surat lamaran pekerjaan
 Memperbaiki surat dari segi struktur,diksi,kejelasan kalimat,penggunaan EYD

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Contoh proposal
unsur-unsur proposal
III. Metode Pembelajaran :
 Diskusi
 Tanya jawab
 Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
• Guru menyampaikan contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan
B. Kegiatan Inti :
• Siswa mengidentifikasi unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
• Siswa menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan
• Siswa memperbaiki surat dari segi struktur,diksi,kejelasan kalimat,penggunaan EYD
C. Kegiatan Akhir :
• Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
• refleksi
Sumber/alat/bahan :
• contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII
• Buku Bahasa Surat Dinas karangan Dirgo Sabariyanto
• Buku-buku referensi yang mendukung
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• praktik
• ulangan

Bentuk Instrumen:
uraian bebas

Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinas,laporan,resensi
Kompetensi dasar : Menulis surat dinas berdasarkan isi,bahasa dan format yang baku
Indikator :
• Mengidentifikasi struktur surat dinas
• Menenetukan komponen-komponen surat undangan rapat
• Menulis surat undangan
• Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EYD,diksi dan bahasa

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
II. Materi Pembelajaran :
Contoh surat dinas (surat undangan resmi)
• ciri-ciri surat dinas
• unsur-unsur surat dinas

III. Metode Pembelajaran :
• Diskusi
• Tanya jawab
• Penugasan

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
Guru menyampaikan contoh surat dinas (surat undangan rapat)
B. Kegiatan Inti :
Siswa menentukan komponen-komponen surat undangan rapat
Siswa menentukan ciri-ciri surat undangan rapat
Siswa menulis surat dinas (undangan rapat)
C. Kegiatan Akhir :
Guru menyimpulkan pembahasan hari ini
Refleksi
Sumber/alat/bahan :
 Buku-buku referensi yang mendukung
 contoh surat dinas (undangan rapat)
 buku Bahasa Surat Dinas karangan Dirgo Sabariyanto
 buku EyD
 buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda

Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinas,laporan,resensi
Kompetensi dasar : Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
Indikator :
• Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
• Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
• Melengkapi laporan dengan lampiran

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Contoh laporan diskusi
• unsur-unsur laporan diskusi, notulen

III. Metode Pembelajaran :
• Diskusi
• Tanya jawab
• Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
Guru menyampaikan contoh laporan hasil diskusi
Guru menyampaikan contoh notulen

B. Kegiatan Inti :
Siswa mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
Siswa menyusun laporan hasil diskusi
Siswa memahami unsur-unsur notulen dan membuat notulen untuk lampiran laporan
C. Kegiatan Akhir :
Guru meyimpulkan permasalahan
Sumber/alat/bahan :
contoh laporan hasil diskusi
buku EyD
buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII
Buku-buku referensi yang mendukung
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda




Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinasi,laporan,resensi

Kompetensi dasar : Menulis reensi buku pengetahuan berdasarkan format baku

Indikator :
• Mencatat identitas buku
• Mendaftar pokok-pokok isi buku
• Mencatat keunggulan dari isi buku
• Mencatat kekurangan dari isi buku
• Menulis resensi buku dengan memperlihatkan kelengkapan unsur-unsur resensi
• Mendiskusikan resensi yang telah dibuat


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Resensi buku pengetahuan
Unsur-unsur resensi antara lain :
• Identitas buku
• Isi
• Bahasa
• kelemahan
• keunggulan
• kesimpulan

III. Metode Pembelajaran :
• Diskusi
• Tanya jawab
• Penugasan

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
 Guru menyampaikan contoh resensi buku nonfiksi
 Guru menyimpulkan hasil pembelajaran

B. Kegiatan Inti :
 Siswa menentukan unsur-unsur resensi
 Siswa menentukan keunggulan dan kelemahan buku nonfiksi yang telah dibaca di rumah
 Siswa menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur resensii
 Siswa mendiskusikan kelengkapan unsur resensi yang ditulis teman

C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan hasil pembelajaran

Sumber/alat/bahan :
• Buku Komposisi karangan Gorys Kerraf
• buku panduan Bahasa Indonesia kelas XII



Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
jawaban singkat








Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi dasar : Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi dan penghayatan
Indikator :
• Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi dan penghayatan
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
II. Materi Pembelajaran :
Penggalan novel
• Penanggapan segi vokal
• Intonasi
• Penghayatan
III. Metode Pembelajaran :
• Diskusi
• Tanya jawab
• Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menyampaikan penjelasan tujuan pembelajaran
 Guru memberi contoh pembacaan novel dengan memperhatikan segi vokal,intonasi dan penghayatan
B. Kegiatan Inti :
 Siswa memperagakan pembacaan novel
 Siswa mengidentifikasi teknik-teknik pembacaan yang baik (vokal,intonasi,penghayatan)
 Siswa membaca penggalan novel dengan memperhatikan intonasi dan penghayatan)
 Siswa menanggapi pembacaan penggalan novel oleh teman dari segi vokal,intonasi dan penghayatan
C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan
Sumber/alat/bahan :
 Rekaman pembacaan penggalan novel
 buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
• praktik
Bentuk Instrumen:
• performansi
• format pengamatan


Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel

Kompetensi dasar : Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel

Indikator :
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Penggalan novel
• tema
• latar
• alur
• penokohan
• pesan
• sudut pandang
• konflik
III. Metode Pembelajaran :
• Diskusi
• Tanya jawab
• Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
 Siswa membaca penggalan novel
B. Kegiatan Inti :
 Siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik novel yang dibacakan teman
 Siswa menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (novel) dari dalam karya tsb (intrinsik)
 Siswa menanggapi penjelasan unsure-unsur intrinsic novel yang disampaikan teman
C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan
Sumber/alat/bahan :
• Rekaman penggalan novel
• Novel
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII
• Buku-buku referensi yang mendukung
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
pilihan ganda




Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi

Kompetensi dasar : Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal,intonsi dan ekspresi yang tepat

Indikator :
• Mendeklamasi-kan / membacakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,intonasi dan ekspresi yang sesuai
• Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun)tentang lafal,intonasi dan ekspresi yang tepat
• Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Puisi lama (pantun); Unsur pembacaan puisi (lafal, intonasi, ekspresi)

III. Metode Pembelajaran :
• Diskusi
• Tanya jawab
• Penugasan

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
 Guru membacakan contoh pantun

B. Kegiatan Inti :
 Siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun,jenis-jenis pantun
 Siswa mengidentifikasi cara pembacaan pantun yang meliputi lafal,intonasi,ekspresi
 Siswa membentuk kelompok terdiri dari 6 orang
 Setiap kelompok membuat contoh pantun remaja dengan bahasa sendiri
 Siswa menyampaikan pantun hasil diskusi kelompoknya dengan memperhatikan cara membaca pantun yang baik
 Kelompok lain membalas pantun tersebut dengan memperhatikan kaidah pembacaan pantun
 Kelompok lain mengemukakan pendapat terhadap isi pantun dan cara pembacaan pantunyang meliputi lafal,intonasi,ekspresi
 Kelompok tsb.memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru

C. Kegiatan Akhir :
 Guru meyimpulkan permasalahan



Sumber/alat/bahan :
• buku kumpulan puisi lama
• buku Cendekia Berbahasa Indonesia Kelas XI


Penilaian :

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
 unjuk kerja
 format pengamatan


Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Berbicara
6.Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi

Kompetensi dasar : Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat

Indikator :
• Mendeklamasi-kan/ membacakan puisi baru du depan teman-teman dengan lafal,intonasi dan ekspresi yang sesuai
• Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
II. Materi Pembelajaran :
Teks hikayat
• ciri-ciri hikayat
• unsur-unsur intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
III. Metode Pembelajaran :
• Diskusi
• Tanya jawab
• Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
 Siswa memilih salah satu puisi baru
B. Kegiatan Inti :
• Siswa membacakan/mendeklamasikan puisi baru tersebut
• Siswa mengidentifikasi pembacaan puisi baru dari segi lafal,intonasi dan ekspresi
• Siswa membacakan/mendeklamasikan puisi di depan teman-teman dengan lafal,intonasi dan ekspresi dengan sesuai
• Siswa menanggapi pembacaan puisi yang dilakukan teman
• Siswa memperbaiki cara pembacaan puisi berdasarkan masukan teman
C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan
Sumber/alat/bahan :
• Buku kumpulan puisi baru/media cetak/elektronik
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan

Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan : 1 & 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen

Kompetensi dasar : Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayat-an dan ekspresi yang sesuai
Indikator :
• Menandai jeda puisi karya sendiri
• Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhati-kan lafal dan intonasi, penghayatan,mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
 Menentukan tema puisi karya teman

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Puisi karya sendiri
Tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat
Cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak gerik, ekspresi)
Makna puisi
III. Metode Pembelajaran :
Penugasan
IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan maksud pembelajaran hari ini
B. Kegiatan Inti :
 Siswa menulis puisi karya sendiri dengan memilih tema yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa saat itu
 Siswa menandai jeda dalam puisi karyanya
 Siswa membacakan puisi karya sendiri di depan teman-teman
 Siswa menenetukan tema dan makna puisi karya teman
 Siswa menanggapi pembacaan puisi karya teman
 Siswa membetulkan cara pembacaan puisi meliputi intonasi,penghayatan,gerak/mimik dan ekspresi
C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan

Sumber/alat/bahan :
Puisi karya sendiri
Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• jawaban singkat

Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan : 1 & 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen

Kompetensi dasar : Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen


Indikator :
• Menceritakan kembali isi cerpen
• Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen



I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
Cerpen
Unsur-unsur intrinsik cerpen
• tema
• latar
• alur
• penokohan
• pesan

III. Metode Pembelajaran :
Penugasan
• Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan maksud pembelajaran hari ini
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti :
• Siswa membaca sebuah cerpen
• Siswa menceritakan kembali isi cerpen dengan bahasa sendiri
• Siswa menanggapi (secara lisan) isi cerpen yang dikemukakan teman
• Siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen

• Guru menjelaskan pembelajaran pada pertemuan lalu
• Guru menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
• Siswa menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen yang dibaca (tema,latar,alur,penokohan,pesan)
• Siswa berdiskusi tentang unsur-unsur intrinsik cerpen
Guru menyimpulkan permasalahan


C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan

Pertemuan ke-2
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan maksud pembelajaran hari ini
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti :
• Guru menjelaskan pembelajaran pada pertemuan lalu
• Guru menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
• Siswa menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen yang dibaca (tema,latar,alur,penokohan,pesan)
• Siswa berdiskusi tentang unsur-unsur intrinsik cerpen

C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan


Sumber/alat/bahan :
• Buku Kumpulan cerpen
• Cerpen dari media cetak/internet
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII


Penilaian :

Jenis Tagihan:
• tugas individu

Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• jawaban singkat







Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
8.Mengungkapkan pendapat,informasi dan pengalaman dalam bentuk resensi dan
cerpen


Kompetensi dasar : Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
Indikator :
• Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
• Menenetukan keunggulan dan kelemahan isi buku kumpulan cerpen

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
• Buku kumpulan cerpen
• Unsur-unsur resensi
• Identitas buku
• Kepengarngan
• Kekurangan dan kelebihan isi buku
• Bahasa pengarang

III. Metode Pembelajaran :
Penugasan
Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
D. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan maksud pembelajaran hari ini

E. Kegiatan Inti :
• Guru membacakan contoh resensi buku kumpulan cerpen
• Siswa mengidentifikasi unsur-unsur resensi
• Siswa membaca buku kumpulan cerpen

F. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan
 Refleksi

Pertemuan ke-2
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan maksud pembelajaran hari ini

B. Kegiatan Inti :
• Guru menjelaskan pembelajaran pada pertemuan lalu
• Siswa mencari keunggulan dan kelemahan buku kumpulan cerpen yang dibaca pada pertemuan lalu
• Siswa menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur resensi (identitas buku, kepengarangan, nilai buku, bahasa pengarang)
• Siswa mendiskusikan resensi yang telah dibuat

C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan
 Refleksi

Sumber/alat/bahan :
• buku / artikel dari media cetak
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII

Penilaian :
Jenis Tagihan:
• tugas individu

Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• jawaban singkat


Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMA ZAHA 1 GENGGONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Menulis
8.Mengungkapkan pendapat,informasi dan pengalaman dalam bentuk resensi dan
cerpen

Kompetensi dasar : Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku,peristiwa,latar)

Indikator :
• Mencatat/ mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
• Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
• Menanggapi cerpen yang ditulis teman

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :

II. Materi Pembelajaran :
• Topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
• Unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alurdan gaya bahasa)

III. Metode Pembelajaran :
 Penugasan
 Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-1:
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan maksud pembelajaran hari ini

B. Kegiatan Inti :
• Guru dan siswa berdiskusi tentang unsur-unsur cerpen
• Siswa melakukan pengamatan terhadap kehidupan orang lain
• Siswa menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku,peristiwa,latar)

C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan


Pertemuan ke-2 :
A. Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan maksud pembelajaran hari ini

B. Kegiatan Inti :
 Siswa melanjutkan menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain
 Siswa membacakan hasil karyanya di depan kelas
 Siswa menanggapi cerpen yang ditulis cerpen

C. Kegiatan Akhir :
 Guru menyimpulkan permasalahan
Sumber/alat/bahan :
• Buku Teori dan Apresiasi Sastra karangan S.Suharianto
• buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII
• Buku-buku referensi yang mendukung


Penilaian :

Jenis Tagihan:
• tugas individu

Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• jawaban singkat


Genggong, .....................20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





MOH. BAIDURI FAISHAL, M.Pd SUGIANTO, S.Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar