Selasa, 13 Juli 2010

rpp bahasa indonesia kelas xi semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 1

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar

B. KOMPETENSI DASAR :
Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Gagasan para pembicara dalam diskusi
• pokok-pokok isi
• rangkuman

D. INDIKATOR :
• Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
• Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
• Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
• Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
• Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan diskusi/ seminar
• Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
• Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
televisi/ gagasan para pembicara

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala SAMA ZAHA 1 GENGGONG Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 2

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Komentar para pembicara
• cara memberikan komentar

D. INDIKATOR :
• Mengajukan pertanyaan
• Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
• Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengajukan pertanyaan
• Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
• Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar
• Mengomentari pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
televisi/ gagasan para pembicara

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 3

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar

B. KOMPETENSI DASAR :
Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh hasil penelitian :
• langkah-langkah penelitian
• syarat-syarat penelitian

D. INDIKATOR :
• Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
• Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
• Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
• Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
• Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Melakukan penelitian
• Menulis hasil penelitian
• Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
• Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
• Mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan( setuju atau tidak setuju) dengan argumen yang kuat.

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku yang terkait dengan penelitian

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 4

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian

C. MATERI PEMBELAJARAN :
• Tanggapan para pembicara
• cara-cara memberikan komentar

D. INDIKATOR :
• Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
• Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
• Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
• Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
• Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
• Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
• Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan presentasi hasil penelitian
• Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
• Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku yang berhubungan dengan penelitian

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 5

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Teks terdiri atas 600 atau 900 kata
• teknik membaca cepat
• fungsi membaca cepat
• rumus membaca cepat

D. INDIKATOR :
• Membaca cepat  300 kata per menit
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
• Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Membaca cepat  300 kata per menit
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
• Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca cepat teks
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
• Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
2 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
artikel/ berita dari media cetak/ elektronik

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 6

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif

B. KOMPETENSI DASAR :
Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah
• fakta
• opini

D. INDIKATOR :
• Menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial
• Membedakan fakta dengan opini
• Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial
• Membedakan fakta dengan opini
• Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca tajuk rencana atau editorial
• Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
2 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
media cetak/ elektronik

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 7

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah

B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis rangkuman/ringkasan isi buku

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Ringkasan buku nonfiksi

D. INDIKATOR :
• Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
• Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
• Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
• Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
• Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca buku nonfiksi
• Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
• Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
• Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku nonfiksi

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 8

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah

B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh notulen rapat :
• unsur-unsur notulen
• pola notulen

D. INDIKATOR :
• Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
• Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
• Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
• Menulis notulen rapat
• Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
• Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
• Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
• Menulis notulen rapat
• Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca beberapa contoh notulen
• Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
• Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
• Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
• Menulis notulen rapat
• Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku yang terkait dengan surat-menyurat

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 8

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah

B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh notulen rapat :
• unsur-unsur notulen
• pola notulen

D. INDIKATOR :
• Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
• Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
• Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
• Menulis notulen rapat
• Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
• Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
• Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
• Menulis notulen rapat
• Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca beberapa contoh notulen
• Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
• Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
• Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
• Menulis notulen rapat
• Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku yang terkait dengan surat-menyurat

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 9

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah

B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian

C. MATERI PEMBELAJARAN :
• Beberapa karya tulis hasil pengamatan atau penelitian
• unsur-unsr karya ilmiah

D. INDIKATOR :
• Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
• Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
• Menyusun kerangka karya tulis
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
• Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
• Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
• Menyusun kerangka karya tulis
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
• Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mengadakan penelitian tentang sesuatu *
• Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
• Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
• Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
6 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku yang terkait dengan karya ilmiah

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 1

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan Memahami pembacaan cerpen
B. KOMPETENSI DASAR :
Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Cerpen yang dibacakan
unsur-unsur cerpen (alur, penokohan, dan latar)

D. INDIKATOR :
• Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
• Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar cerpen
E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
• Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar cerpen

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
 Mendengarkan cerpen yang dibacakan teman
 Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam cerpen yang didengar
 Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen
 Melaporkan hasil diskusi

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku kumpulan cerpen

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala SAMA ZAHA 1 GENGGONG Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 11

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami pembacaan cerpen

B. KOMPETENSI DASAR :
Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Cerpen yang dibacakan
• nilai-nilai (moral, budaya, social, agama)

D. INDIKATOR :
• Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
• Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
• Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Menemukan nilai-nilai (moral, budaya, social) dalam cerpen
• Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
2 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku kumpulan cerpen

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 12

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Teks drama
• penghayatan watak
• pengekspresian dialog

D. INDIKATOR :
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
• Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
• Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
• Mendiskusikan dialog para tokoh dalam pementasan drama

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku drama

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 13

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Teks drama
• gerak-gerik,
• mimik,
• intonasi

D. INDIKATOR :
• Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh
• Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh
• Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh
• Mendiskusikan peran yang ditampilkan dalam pementasan drama

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku drama

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 14

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami buku biografi, novel dan hikayat

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Buku biografi tokoh sastra (sesuai dengan daerah masing-masing)
• hal-hal yang menarik
• perefleksian tokoh
• penentuan hal-hal yang dapat diteladani

D. INDIKATOR :
• Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
• Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
• Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
• Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
• Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
• Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
• Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca buku biografi tokoh sastra sesuai dengan daerah masing-masing *)
• Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
• Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
• Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
• Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku biografi

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 15

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami buku biografi, novel dan hikayat

B. KOMPETENSI DASAR :
Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat

C. MATERI PEMBELAJARAN :
• ciri-ciri hikayat
• ciri-ciri novel Indonesia
• ciri-ciri novel terjemahan
• unsur-unsur hikayat
• unsur-unsur novel

D. INDIKATOR :
• Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
• Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
• Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
• Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
• Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan
• Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
• Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
• Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan dengan hikayat

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• buku hikayat
• novel Indonesia
• novel terjemahan

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 16

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Menulis naskah drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Teks drama
• unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik)

D. INDIKATOR :
• Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
• Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
• Menghidupkan konflik
• Memunculkan penampilan (performance

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
• Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
• Menghidupkan konflik
• Memunculkan penampilan (performance

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Membaca drama
• Menulis teks drama*) dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
• Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
• Menghidupkan konflik
• Memunculkan penampilan (performance)

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku drama

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 17

SEKOLAH : SAMA ZAHA 1 GENGGONG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 20 / 20


A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Menulis naskah drama

B. KOMPETENSI DASAR :
Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama

C. MATERI PEMBELAJARAN :
• teks drama
• unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik

D. INDIKATOR :
• Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
• Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
• Menghadirkan latar yang mendukung adegan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
• Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
• Menghadirkan latar yang mendukung adegan

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
• Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
• Menghadirkan latar yang mendukung adegan

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku drama

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat



Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MAPPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,




Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar